JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Pelepasan PKL Rumah Sakit Prodi Diploma Tiga Sanitasi dan PKL Puskesmas, Institusi dan Industri Prodi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes kemenkes Yogyakarta



14 Mar 2024




Kegiatan pelepasan mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pada tanggal 1 Maret 2024 untuk melepas mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Prodi Diploma Tiga Sanitasi dan Prodi Sarjana Terapan Sanitasi Linkungan.  Praktik Kerja Lapangan (PKL) Program Studi Diploma Tiga Sanitasi melaksanakan PKL Rumah Sakit pada semester IV dengan jumlah 116 mahasiswa. PKL RS tersebar di 30 Rumah Sakit di wilayah DIY, Jawa Tengah dan Cirebon dari tanggal 4 Maret sd 3 April 2024.

Program Studi Sarjana Terapan ada 3 kegiatan Praktik Kerja Lapangan  yaitu Semester IV dengan jumlah 79 mahasiswa,melaksanakan PKL Institusi pada Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, IPAL, Lab Lingkungan, PDAB, dan Balai Hyperkes. Kegiatan PKL dilaksanakan selama 1 bulan. Mahasiswa semester VI sejumlah 80 mahasiswa akan melaksanakan  PKL Puskesmas di wilayah kerja Kabupaten Bantul selama 32 hari,  sedangkan Semester VII kelas RPL sejumlah 22 mahasiswa melaksanakan PKL Industri selama 3 bulan dengan wilayah kerja DIY dan Jateng.

Pelepasan PKL ditandai dengan penyematan IDCard oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Dr Bambang Suwerda, MSi, Ketua program Studi Diploma Tiga Siti Hani istiqomah, SKM, MKes dan Ketua Prodi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan Naris Dyah Prasetyawati, SST, MSi.

Kegiatan ini juga di hadiri dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan yang akan membimbing mahasiswa PKL. Arahan ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan dalam kegiatan PKL mahasiswa diharapkan disiplin, menjalankan praktik dengan baik dan dapat menjaga nama baik diri, Jurusan Kesehatan Lingkungan maupun Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan Pelepasan diakhiri dengan doa dan foto Bersama.