Visi Misi Sarjana Terapan

 

KEUNGGULAN dan STRATEGI PENCAPAIAN

PEMBELAJARAN PRODI DIV

 

Keahlian atau kemampuan yang merupakan keunggulan lulusan Prodi Diploma IV Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta adalah di bidang K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) di industri (termasuk di rumah sakit sebagai bagian dari industri pela-yanan kesehatan). Di dalam kurikulum institusi, untuk mencapai keunggulan tersebut, lulusan dibekali 12 SKS selain yang sudah terdapat di kurikulum inti. Mata kuliah kurikulum institusi yang mendukung bidang K3 adalah :

 

  1. HACCP (hazard analysis critical control point)
  2. Teknologi Tepat Guna
  3. Analisis Potensi Bahaya dan Penyakit Akibat Kerja
  4. Faal Kerja dan Ergonomi,
  5. Pencegahan Pengendalian Infeksi.
  6. Rekayasa Alat Sanitasi

 

Kurikulum Prodi Diploma IV Kesehatan Lingkungan juga ditujukan untuk mengimplementasikan Misi Prodi, yaitu :

 

  1. Misi 1 yaitu menghasilkan lulusan yang profesional di bidang kesehatan lingkungan yang profesional tercermin dalam capaian pembelajaran :
  2. Mampu mengaplikasikan prosedur dan ilmu kesehatan lingkungan (pe-nyehatan air, pengelolaan limbah cair, penyehatan udara, penyehatan tanah, dan pengelolaan sampah, penyehatan makanan dan minuman, pengendalian vektor dan binatang pembawa penyakit) dan meman-faatkan Iptek kesehatan lingkungan dalam menyelesaikan masalah ke-sehatan lingkungan.
  3. Mampu mengelola (mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, dan mengamankan) data riset kesehatan lingkungan untuk keperluan otentikasi, originalitas dan studi pengulangan (reproduksibilitas)
  4. Menguasai konsep prosedural dan teori kesehatan lingkungan dan me-manfaatkan Iptek kesehatan lingkungan dalam menyelesaikan masa-lah kesehatan lingkungan,
  5. Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan bidang kesehatan lingkungan pada suatu organisasi atau institusi yang menjadi tanggung jawabnya
  6. Bertanggung jawab pada pekerjaan yang menjadi tugasnya sendiri di bidang kesehatan lingkungan serta dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hail kerja organisasi atau institusi dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja.
  7. Mampu mengelola pembelajaran sendiri bidang kesehatan lingkungan
  8. Mampu memberikan informasi dan ide bidang kesehatan lingkungan melalui berbagai media kepada masyarakat dan atau individu
  9. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pem-bimbing, kolega, sejawat, di dalam maupun luar institusi
  10. Mampu memahami penerapan pidana pada hukum lingkungan
  11. Mampu mengumpulkan bukti-bukti dan menyususn laporan penyidikan bidang kesehatan lingkungan.
  12. Mampu mempublikasikan hasil tugas akhir/ karya/disain/seni/model bi-dang kesehatan lingkungan yang dapat diakses oleh masyarakat aka-demik di kalangan dosen dan mahasiswa
  13. Mahasiswa mempunyai jiwa wirausaha

 

  1. Misi 2 yaitu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermutu di-wujudkan dalam :
  2. Terlaksananya perkuliahan sesuai dengan perkembangan Ipteks (e- learning, Vilep)
  3. Penelitian dosen yang dilaksanakan baik oleh mahasiswa atau dosen
  4. Terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat

 

  1. Misi 3 yaitu meningkatkan kualitas sumberdaya pendidikan dan tenaga pen-didikan, diwujudkan dalam :
  2. Mengirimkan dosen dan instruktur mengikuti pendidikan lanjut (S2 dan S3)
  3. Mengirimkan dosen  dan instruktur mengikuti workshop dan pelatihan sesuai bidang keahlian
  4. Mengirimkan dosen dan instruktur mengikuti seminar.

 

  1. Misi 4 yaitu menjalin kerjasama dengan organisasi profesi dan pengguna, diwujudkan dalam :
  2. Menjalin kerjasama dengan organisasi profesi (HAKLI) untuk kegiatan uji kompetensi
  3. Menjalin kerjasama dengan organisasi profesi (HAKLI) untuk kegiatan seminar (narasumber, peserta dan SKP) bersama
  4. Menjalin kerjasama dengan pengguna untuk tracer study dan job fair