JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

KEGIATAN KAJIAN KEAGAMAAN HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN 2023



02 Nov 2023




Kegiatan Kajian Keagamaan ini dilaksanakan 8 kali rangkaian kegiatan yaitu 6 kali keagamaan untuk agama Islam dengan 5 kali metode daring, satu kali metode luring, dan 2 kali keagamaan Kristiani dengan metode luring.

Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Umum di luar Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sasaran pada kegiatan kajian keagamaan ini yaitu seluruh civitas akademika Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan masyarakat umum. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 2 metode yaitu Luring dan Daring melalui Google Meeting Room. Tidak hanya itu, beberapa tamu undangan dari kegiatan ini yaitu Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, jajaran Wadir Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, jajaran Jurusan Kesehatan Lingkungan, Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Sanitasi, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan, serta delegasi baik dari BLM  maupun BEM turut menghadiri acara ini.

Pembukaan Kegiatan Kajian Keagamaan ini diisi dengan Kegiatan Keagamaan Islam yang dilaksanakan secara daring pada Jumat Kliwon, 10 Maret 2023 dengan metode daring melalui Google Meeting Room. Pada pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Jajaran dari Jurusan Kesehatan Lingkungan, Dosen dan Karyawan Jurusan Kesehatan Lingkungan, Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Sanitasi, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan, Delegasi Badan Legislatif Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa dan 29 anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan lingkungan, serta 50 orang dari Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Terakhir dengan penutup, Kegiatan Keagamaan terakhir adalah Keagamaan Kristiani yang dilaksanakan secara Luring di Ruang Teater dengan panitia offline di kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, bertempat di Ruang Teater. Kegiatan Keagamaan Kristiani ini diisi oleh Sdr. Philip Putra Perdana “God's Plan Beyond Mine” (Yesaya 55 : 8-9)”. Kajian Keagaamaan Kristiani ini menjadi kajian penutup dari 8 kali kajian yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan. Tidak lupa dihadiri oleh Tamu Undangan diantaranya Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan, Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Sanitasi, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan, Delegasi Badan Legislatif Mahasiswa, dan Delegasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Untuk Kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan PMKK sebagai Petugas dalam menjalankan ibadah tersebut.

Dalam seluruh Acara Keagamaan ini berisikan pembukaan oleh MC pada acara tersebut dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Natasya Adhitya Kusuma Putri. Setelah itu terdapat sambutan dari Direktur Poltkkes Kemenkes Yogyakata dan sambutan dari Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan. Namun, laporan ketua panitia hanya dilakukan pada Keagamaan Pertama dan sambutan dilakukan pada Keagamaan pertama dan terakhir untuk membuka dan menutup acara secara resmi. Dilakukan pembacaan kitab suci oleh perwakilan mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan, sebelum memasuki acara inti. Memasuki acara inti yaitu kajian yang diisi oleh tokoh agama misalnya pendeta atau ustadz maupun ustadzah dengan materi sesuai dengan tema pada keagamaan tersebut. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab pemateri atau tokoh agama dengan peserta yang hadir sebelum acara ditutup. Kemudian untuk menutup Acara Keagamaan ini dilakukan penutupan oleh MC dilanjutkan dengan foto bersama.