JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran Dini Jurusan Kesehatan Lingkungan 2023



10 Jan 2024




Pelatihan Pemadam Kebakaran Dini dilaksanakan di Kampus Pusat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pada Sabtu Legi – Minggu Pahing, 16–17 Desember 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan tingkat 1, 2, dan 3 baik prodi Diploma Tiga maupun Sarjana Terapan. Kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai penyebab terjadinya kebakaran, memberikan pengetahuan dasar tentang upaya pencegahan kebakaran dan memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan, Hydrant dan lain-lain.

Pelatihan ini dimulai dari pukul 08.00 WIB di Grha Literasi Husada lantai 4 dengan penyampaian materi pertama tentang Pengetahuan Dasar Pencegahan Kebakaran oleh Bapak Timur DJA dan rekan dari Pusat Damkar Yogyakarta. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan praktik simulasi pada saat terjadi kebakaran di halaman Kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Praktik simulasi kebakaran diawali dengan penjelasan, kemudian praktik yang dilakukan oleh tim Pemadam Kebakaran. Setelah itu para mahasiswa dipersilahkan untuk mencoba mempraktikkan sesuai dengan penjelasan yang didapatkan diawal yaitu dengan pelatihan pemadaman api dengan metode tradisional dan metode modern. Pada metode tradisional, memanfaatkan kain yang sudah basah guna memadamkan api. Sedangkan pada metode modern menggunakan APAR jenis bubuk kering (dry powder) atau APAR jenis gas CO2.