JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2023



10 Jun 2023




Pada Sabtu, 10 Juni 2023 telah dilaksanakan kegitan Edukasi dan Penanaman Bibit Mangrove di Pantai Baros yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang berkolaborasi dengan MAPAPY (Mahasiswa Pecinta Alam Poltekkes Kemenkes Yogyakarta) dan HAKLI  Provinsi DIY. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2023 yang diadakan secara rutin tiap tahunnya. Kegitan tersebut diketuai oleh Ahmad Taufiqulhakim dengan tema “Mimpi dan Aksi Bersama Untuk Membangun Bumi Yang Asri”.  Kegiatan  berlangsung pukul 08.00 - 11.45 WIB yang dihadiri oleh 97 peserta diantaranya Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan, Pengelola Pantai Baros, Perwakilan HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia), Perwakilan Kelas, Demisioner HMJKL (Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan) dan beberapa tamu undangan yaitu Jajaran Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan. Pengelola Pantai Baros juga menggandeng TNI untuk penjagaan, yang akhirnya mengikuti prosesi acara ini sampai akhir.

Kegiatan ini diawali dengan do’a bersama, laporan ketua panitia, sambutan ketua jurusan kemudian sambutan dan edukasi dari  perwakilan HAKLI dan Pengelola Pantai Baros. Kegiatan ini secara resmi dibuka dengan penyerahan simbolisasi dan penandatanganan berita acara. Kemudian dilanjutkan dengan edukasi penanaman bibit mangrove oleh pengelola pantai baros. Memasuki acara inti yaitu penanaman bibit mangrove secara serentak oleh Bapak/Ibu Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan, Bapak/Ibu anggota HAKLI, dan para peserta lainnya. Selain penanaman bibit mangrove,  juga dilaksanakan kegiatan  bersih-bersih sampah di area pantai penanaman magrove..

Kesan pertama yang didapatkan para peserta yaitu sangat mendukung diadakannya kegiatan tersebut karena kegiatan ini merupakan inovasi yang baru dilakukan untuk peringatan hari lingkungan hidup dengan adanya edukasi-edukasi yang tentunya sangat bermanfaat. Kendala tersendiri dari para panitia adalah lokasi tempat yang digunakan kurang strategis karena tempat yang dipakai terlalu terbuka sehingga sedikit menghambat proses kegiatan berlangsung. Tetapi itu bukanlah kendala yang berarti dan acara dapat berlangsung secara lancar.

Dengan adanya acara ini panitia berharap pula seluruh tamu undangan serta peserta dapat mempunyai kesadaran dalam diri masing-masing untuk mencintai dan menjaga alam, dengan begitu kita dapat bersama-sama mengajak orang-orang sekitar melakukan hal serupa yaitu salah satunya dengan menanam bibit mangrove dan membuang sampah pada tempatnya. Acara berjalan dengan baik dan dengan diakhiri sesi foto bersama, baik dari seluruh panitia, peserta, para dosen jurusan kesehatan lingkungan, dan HAKLI.

 

                                                                        Penulis: Faniela Septi & Intan Kusuma

                                                                        Editor: Niken Annisa