JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

PKL Komunitas mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Sanitasi di Kalurahan Sindumartani Ngemplak Sleman 2 sd 26 Januari 2024



30 Jan 2024




Kegiatan PKL Komunitas dilaksanakan pada tanggal 2  sd 26 Januari 2024 diawali penyerahan mahasiswa sejumlah 82 mahasiswa oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Dr Bambang Suwerda, MSi  kepada Lurah Sindumartani Ngemplak Sleman bapak Drs Anang Zamroni, MSi. Hadir pada acara tersebut antara lain Kepala Puskesmas Ngempak dr Indrayanto Suryandaru, Ketua program Studi Siti Hani istiqomah, SKM, MKes, para Dosen Pembimbing, para Dukuh di Wilayah Kelurahan Sindumartani, perangkat desa dan mahasiswa.

Tema dari kegiatan ini adalah Sanitasi Total berbasis Masyarakat (STBM), kegiatan dilakukan terlebih dahulu dengan mencari permasalahan di lokasi dengan arahan dari Dosen pembimbing dan Dukuh di Wilayah Sindumartani. Berbagai kegiatan yang sudah dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa di 11 Dukuh antara lain, Penyuluhan : Pemilahan Sampah, Biophori, pengelolaan limbah kotoran burung puyuh, leptospirosis bagi bapak2 petani, Budidaya ikan dalam Galon, Bank Sampah, Etika Batuk. Dilakukan pelatihan antara lain : pemanfaatan minyak jelantah menjadi Lilin dan sabun, Pendampingan cuci tangan pakai sabun bagi anak-anak, pendampingan penanaman apotik hidup, Komposting, pembuatan Losida, Pembuatan Eko enzim, pembuatan pot dari Kain Bekas. Selain itu Filtrasi Air, Pemberantasan Sarang Nyamuk, menanam Tanaman Anti Nyamuk dan kegiatan senam sehat.

 

Beberapa Dokumentasi PKL Komunitas antara lain :

 

Penarikan dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2024 di aula Kalurahan Sindumartani dengan penyampaian hasil kegiatan PKL Komunitas dari perwakilan mahasiswa dilanjutkan arahan dari kepala Puskesmas yang selanjutnya penyerahan Kembali mahasiswa sejumlah 82 orang dari Lurah Sindumartani ke Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.