JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Seminar Internasional Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Tahun 2023



30 Aug 2023




Kegiatan Seminar Internasional Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan tema Optimizing Human Resources  for Environmental Health in Improving The Quality of Industrial Sanitation yang dilaksanakan pada Minggu Kliwon, 27 Agustus 2023 dengan total peserta 549, dan diikuti 29 Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan, 21 tamu undangan, 10 perwakilan delegasi, 3 narasumber, dan 3 moderator. Acara ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting Room.

Prosesi acara Seminar Internasional ini diawali dengan pembukaan oleh MC Shahrul Latansyah dan Zahra Amelia, dilanjutkan dengan sambutan ketua acara yang disampaikan oleh Saudari Nurlaili Raihanah Putri selaku perwakilan panitia. Selanjutnya yaitu sambutan Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan, Dr. Bambang Suwerda SST. M.Si dilanjutkan sambutan Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Dr. Iswanto, S. Pd., M. Kes.

Acara ini dilaksanakan di Ruang Garuda 3 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan menghadirkan tiga narasumber. Narasumber pertama adalah Dr. Dicky Budiman , B.Med M.Sc. PH, PhD dari Universitas Grifith, Australia yang dimoderatori oleh Khoirunnisa Dzakia dengan membawakan materi berjudul Industrial Sanitation from an Epidemiological Point View. Narasumber kedua adalah Siti   Nur Hayah Isfandiari dari HAKLI yang dimoderatori oleh saudari Danish Batrisyia dengan membawakan materi Sanitarian Inovation and Impementation in Industrial Sanitation Hygine. Narasumber ketiga adalah Christian Ebere Enyoh M.Sc.,Ph.D. dari Universitas Saitama, Jepang yang dimoderatori oleh saudari Dessy Laillatul Maghfiroh dengan membawakan materi berjudul The Impact of Plastic Waste Decay in The Form of Microplastic on Water Quality in Industrial Sanitation.

Pemaparan materi dilakukan dengan 3 sesi untuk setiap sesi selama 45 menit beserta tanya jawab selama 15 menit untuk masing masing narasumber. Setiap selesai pemaparan materi ditampilkan serifikat oleh panitia untuk narasumber sebagai bentuk apresiasi kepada narasumber atas kesediaannya  menjadi narasumber di kegiatan Seminar Internasional ini. Panitia mengadakan ice breaking berupa game yang menarik untuk peserta dengan mengerjakan beberapa pertanyaan pada Quizziz, dan untuk tiga pemenang teratas mendapatkan hadiah yang akan dikirimkan panitia kepada para pemenang. Setelah itu lanjut ke acara yang terakhir yaitu penutup. Acara diakhiri oleh MC, sebelum para peserta meninggalkan Zoom Meeting dilakukan sesi foto bersama secara daring.