JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Training Sanitation Series 2 2024 Himpunan Mahasisawa Program Studi Diploma Tiga Sanitasi Dan Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan Dengan Tema ”Ready With Your Canva : Creative Your Own Design And Make It Your Masterpiece”



12 May 2024




Serangkaian kegiatan Training Sanitation Series 2 2024 dengan tema ”Ready With Your Canva : Creative Your Own Design and Make It Your Masterpiece” dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting Room pada hari Minggu Wage, 12 Mei 2024.

Pelaksanaan kegiatan Training Sanitation Series 2 berjalan sesuai dengan rundown acara yang sudah disusun yaitu diawali dengan berkumpulnya panitia untuk briefing pada pukul 06.00 WIB kemudian panitia memastikan kembali peralatan dan media yang akan digunakan, pada pukul 08.00 WIB peserta mulai bergabung pada Zoom Meeting Room.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dibuka oleh Nunik Andina selaku MC. Selanjutnya peserta dimintai untuk mengisi presensi awal melalui link google form yang sudah dibagikan oleh panitia. Acara selanjutnya pembacaan visi misi oleh Delia Putri, dilanjutkan laporan ketua acara oleh Anggara Zaki Pamungkas serta sambutan yang dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting Room mewakili Bapak Dr. Iswanto S.Pd, M.Kes, selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang berhalangan hadir oleh Ibu Dr. Umi Istianah, S.Kep.Ns., M.Kep.Sp.MB, selaku Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Adapun jajaran pengelola Direktorat dan pengelola Jurusan Kesehatan Lingkungan turut serta hadir secara daring dalam kegiatan Training Sanitation Series 2 yaitu Ibu Dr. Umi Istianah, S.Kep., Ners., M.Kep., Sp. MB, selaku Wakil Direktur 3, Bapak Dr. Bambang Suwerda, SST, M.Si, selaku Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan, Rizki Amalia, SKM, M,Kes, selaku Sekretaris Jurusan Kesehatan Lingkungan, Siti Hani Istiqomah, SKM, M.Kes, selaku Ketua Program Studi Diploma Tiga Sanitasi, Naris Dyah Prasetyawati, SST, M.Si, selaku Ketua Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan, Sarifah Sya’diyah, S.Tr.KL, selaku Penanggung Jawab Administrasi Program Studi Diploma Tiga Sanitasi, dan H. Sardjito Eko Windarso, SKM M.P, selaku dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan. Acara ini juga dihadiri oleh delegasi Badan Legislatif Mahasiswa yaitu Nazma Syifa Nabilla dan Hana Putri, delegasi Badan Eksekutif Mahasiswa yaitu Amanda Meila. delegasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan yaitu Akmal Fahreza Wibowo.

Sebelum acara inti dimulai, panitia menyelenggarakan pre-test untuk para peserta melalui quizizz yang sudah dibagikan oleh panitia. Acara selanjutnya pembacaan CV Moderator yaitu Hineshi Saraswati Azra oleh MC dilanjutkan dengan pembacaan CV Narasumber oleh moderator. Selanjutnya masuk ke acara inti yaitu pemaparan materi terkait Design Grafis oleh Narasumber yaitu Khansa Putri Kirana selama 1 jam. Setelah pemaparan materi selesai dibuka sesi tanya jawab oleh Moderator yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan notulensi. Acara selanjutnya yaitu post-test melalui quizizz yang sudah dibagikan oleh panitia. 

 

Sebelum menutup acara MC menjelaskan Panduan Penugasan untuk persyaratan mendapat SKKM yaitu membuat poster sederhana dengan tema Mempromosikan tentang Jurusan Kesehatan Lingkungan. Acara yang terakhir yaitu penutupan dan pengisian evaluasi oleh peserta melalui google form pada pukul 11.00 WIB, lalu diakhiri dengan dokumentasi. Dengan diadakannya kegiatan Training Sanitation Series 2 diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta wawasan mahasiswa mengenai Design Grafis. Selain itu, dapat meningkatkan dan menumbuhkan rasa percaya diri Mahasiswa dan Masyarakat di Indonesia terkhususnya Mahasiswa dan Civitas Academica Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dalam bidang Design Grafis dengan baik dan benar.